Minggu, 28 April 2013

Penonton Yang Berkeliaran di Lapangan

0

Bagi saya, basket hanyalah olahraga favorit ketiga setelah sepakbola dan bulutangkis. Saya sendiri gak tau kenapa harus menempatkan basket di bawah sepakbola dan bulutangkis. Mungkin karena perkenalan dengan basket yang terlambat. Saya baru kenal deket ama ‘si basket’ pas udah jadi abg mentah, alias pas SMP. Sedangkan sepakbola dan bulutangkis udah saya akrabin sejak lama sebelum kenal basket. Sangking udah lamanya, sampe saya sendiri gak inget tepatnya itu kapan.

Walopun udah kenal deket dengan basket sejak SMP, saya masih belum ngerasain jatuh cinta dengan basket bahkan sampe Kuliah. Itu sebabnya, saya gak pernah sekalipun maen basket. Yang saya lakukan sebagai bukti bahwa saya udah kenal deket denga basket cuma nonton pertandingannya di tipi, ngejajal nge-drible-drible bola basket atau nyoba-nyoba masukin bola ke jaring di lapangan sekolah. Tapi gak pernah sekalipun bener2 maen basket 5 lawan 5 di lapangan.

Akhir-akhir ini, ada hal beda yang saya rasain tentang basket ini. Seperti getaran-getaran di hati yang memaksa untuk mencoba bermain basket beneran. Apa saya sedang jatuh cinta ya? Hehehe. 

Kemaren adalah hari ketiga saya ikut maen basket bareng genk-nya si Anik, tetangga kosan. Di hari ketiga ini, udah ada kemajuan dari sisi teknik juga mental. Udah berani drible, udah mulai sering nge-shot dan mulai banyak ngerti peraturan-peraturannya secara lebih detil.

Ini beda banget dengan kali pertama saya maen, sama sekali gak pede. Jangankan nge-shot, drible pun hampir gak pernah. Dapet bola cuma beberapa kali, untuk langsung saya lempar lagi ke teman terdekat untuk kemudian menghidar biar gak dikasih bola lagi. Hasilnya, saya lebih merasa sebagai penonton yang sedang keliaran di lapangan dibanding sebagai pemaen. Menyedihkan bukan?!

Entah apa yang ada di pikiran pemaen2 yang jadi temen setim saya waktu itu. Mungkin, antara mengasihani atau dongkol karena dapet temen maen yang cupu. Hehehe.

Di kesempatan ketiga ini,  permainan sudah mulai agak 'bener'. Tapi masih ada kekacauan, yaitu pas saya lihat ke bawah. Darah  mengucur tidak deras dari kaki saya yang sobek akibat kesandung kerikil. Ini menjadi mungkin karena saya gak pake sepatu! Hehehe. 

Celakanya, lapangannya juga mendukung untuk ikut meluaki kaki saya. Lapangan semen itu udah banyak banyak bolong, bolong yang alami. Ada kerikil2 yang berkeliaran di atasnya yang salah satunya sukses mengucurkan darah dari kaki saya. Gak parah dan gak memberikan saya alasan untuk menangis, kecuali meringis.

Beres maen basket, langsung pulang ke kosan, blom nyampe tujuan, saya keingetan sesuatu: Celana ketinggalan di pinggir lapangan. Celakanya, di kantong celana itu, saya simpen hape pintar yang gak harus saya sebutkan bahwa mereknya adalah Blackberry dan gak perlu saya jelaskan juga kalo tipenya adalah Pearl yang 3g.

Langsung aja motor diputar balik, meluncur ke lapangan. Syukur Alhamdulillah, hape dan celana saya selamat, selamat dari tangan mata orang iseng nan jahat yang kemudian otaknya akan memberikan intruksi kepada tangannya untuk mengambil hape itu dan tak berusaha mengembalikannya ke pemiliknya, saya!

Syukurlah, tanpa harus kehilangan hape, hanya sedikit luka, demi cinta baru bernama BASKET! 

No Response to "Penonton Yang Berkeliaran di Lapangan"